Tugas dan Fungsi

Tugas dan Fungsi Bagian Administrasi Kerjasama

Sesuai Peraturan Walikota Surabaya No. 44 Tahun 2016 tentang Uraian Tugas dan Fungsi Sekretariat Daerah Kota Surabaya pada pasal 22 dan 23, maka Bagian Administrasi Kerjasama mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Sekretaris Daerah di bidang kerjasama luar negeri, kerjasama dalam negeri, dan pelaporan dan evaluasi kerjasama yang meliputi menyusun dan melaksanakan rencana program dan petunjuk teknis, melaksanakan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga/instansi lain, melaksanakan pengawasan dan pengendalian, melaksanakan evaluasi dan pelaporan, dan melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Asisten Perekonomian Dan Pembangunan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Dalam melaksanakan tugas, Bagian Administrasi Kerjasama memiliki fungsi :

  1. pelaksanaan pengoordinasian SKPD sesuai urusan pemerintahan yang menjadi bidang tugasnya;
  2. pelaksanaan perumusan kebijakan kerjasama/kemitraan pemerintah kota dengan pemerintah daerah dan dengan lembaga di luar negeri;
  3. pelaksanaan perumusan kerjasama/kemitraan antara pemerintah kota dengan pemerintah daerah maupun lembaga di luar negeri;
  4. pelaksanaan penyelenggaraan kerjasama/kemitraan antara pemerintah kota dengan pemerintah daerah maupun lembaga di luar negeri;
  5. pelaksanaan pelayanan administrasi ijin perjalanan dinas luar negeri;
  6. pelaksanaan perumusan kebijakan kerjasama/kemitraan dengan pemerintah daerah, dengan pihak ketiga, dan dengan lembaga pemerintah;
  7. pelaksanaan perumusan kerjasama/kemitraan dengan pemerintah daerah, dengan pihak ketiga, dan dengan lembaga pemerintah di tingkat kota;
  8. pelaksanaan penyelenggaraan kerjasama/kemitraan dengan pemerintah daerah dengan pihak ketiga, dan dengan lembaga pemerintah;
  9. pelaksanaan pembentukan Sekretariat Kerjasama/Badan Kerjasama Daerah;
  10. pelaksanaan penyelenggaraan kerjasama/kemitraan dalam Sekretariat Kerjasama/Badan Kerjasama Daerah/Asosiasi kerjasama antar daerah di dalam negeri;
  11. pelaksanaan penyusunan evaluasi kerjasama pemerintah kota dengan pemerintah daerah, dengan pihak ketiga di dalam negeri, dengan lembaga pemerintah di dalam negeri, dan dengan lembaga di luar negeri;
  12. pelaporan pelaksanaan kerjasama antar daerah di dalam dan luar negeri kepada provinsi;
  13. pelaporan pelaksanaan kerjasama pemerintah kota dengan pihak ketiga di dlam negeri, dengan lembaga pemerintah di dalam negeri, dan dengan lembaga di luar negeri kepada provinsi;
  14. pelaksanaan pengelolaan pelayanan Rumah Bahasa;
  15. pelaksanaan penyusunan rencana program, pengelolaan administrasi umum, kepegawaian, perlengkapan dan keuangan;
  16. pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Asisten Perekonomian Dan Pembangunan sesuai dengan tugas dan fungsinya

Sub Bagian Administrasi Kerjasama Luar Negeri

Sub Bagian Administrasi Kerjasama Luar Negeri mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas: menyiapkan bahan pengoordinasian SKPD sesuai urusan pemerintahan yang menjadi bidang tugasnya; menyiapkan bahan perumusan kebijakan kerjasama/kemitraan pemerintah kota dengan pemerintah daerah dan dengan lembaga di luar negeri; menyiapkan bahan perumusan pelaksanaan kerjasama/kemitraan antara pemerintah kota dengan pemerintah daerah dan dengan lembaga di luar negeri; menyiapkan bahan penyelenggaraan kerjasama/kemitraan antara pemerintah kota dengan pemerintah daerah dan dengan lembaga di luar negeri; menyiapkan bahan pelayanan administrasi ijin perjalanan dinas luar negeri; melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Administrasi Kerjasama sesuai dengan tugas dan fungsinya

Sub Bagian Administrasi Kerjasama Dalam Negeri

Sub Bagian Administrasi Kerjasama Dalam Negeri mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas: menyiapkan bahan pengoordinasian SKPD sesuai urusan pemerintahan yang menjadi bidang tugasnya; menyiapkan bahan perumusan kebijakan kerjasama/kemitraan dengan pemerintah daerah, dengan pihak ketiga dan dengan lembaga pemerintah di tingkat kota; menyiapkan bahan perumusan pelaksanaan kerjasama/kemitraan dengan pemerintah daerah, dengan pihak ketiga dan dengan lembaga pemerintah di tingkat kota; menyiapkan bahan penyelenggaraan kerjasama/kemitraan dengan pemerintah daerah, dan dengan pihak ketiga dan dengan lembaga pemerintah; menyiapkan bahan pembentukan Sekretariat Bersama/Badan Kerjasama Daerah; menyiapkan bahan penyelenggaraan kerjasama/kemitraan dalam Sekretariat Bersama/Badan Kerjasama Daerah/Asosisi Kerjasama antar daerah di dalam negeri; melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Administrasi Kerjasama sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Sub Bagian Pelaporan dan Evaluasi Kerjasama

Sub Bagian Pelaporan dan Evaluasi Kerjasama mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas: menyiapkan bahan pengoordinasian SKPD sesuai urusan pemerintahan yang menjadi bidang tugasnya; menyiapkan bahan penyusunan evaluasi kerjasama pemerintah kota dengan pemerintah daerah, dengan pihak ketiga di dalam negeri dengan lembaga pemerintah di dalam negeri dan dengan lembaga di luar negeri; menyiapkan bahan pelaporan pelaksanaan kerjasama antar daerah di dalam dan luar negeri kepada provinsi; menyiapkan bahan pelaporan pelaksanaan kerjasama pemerintah kota dengan pihak ketiga di dalam negeri, dengan lembaga pemerintah di dalam negeri dan dengan lembaga di luar negeri kepada provinsi; menyiapkan bahan penyusunan rencana program, administrasi umum, kepegawaian dan keuangan; menyiapkan bahan pengadaan dan pemeliharaan sarana perkantoran; menyiapkan bahan pengelolaan pelayanan Rumah Bahasa;  melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Administrasi Kerjasama sesuai dengan tugas dan fungsinya.